8 Jajanan Khas Jepang Wajib Coba di Festival Ennichisai 2018

  01 Jul 2018

Festival budaya dan kuliner Jepang, Ennichisai, kembali digelar di kawasan Little Tokyo, Blok M Square, Jakarta Selatan. Festival tahunan ini diselenggarakan pada 30 Juni – 1 Juli 2018.

Berbagai rangkaian acara dihadirkan untuk para pecinta budaya dan kuliner Jepang asal Jakarta. Untuk memanjakan lidah Anda, terdapat festival kuliner Jepang yang menghadirkan ratusan stan di sepanjang area festival.

 8 Jajanan Khas Jepang Wajib Coba di Festival Ennichisai 2018

Makanan khas mulai dari sushi, udon, ramen, takoyaki, hingga minuman khas Jepang hadir di sini. Harga yang ditawarkan juga termasuk terjangkau, mulai dari Rp 20.000 untuk berbagai macam makanan ringan. Banyak pedagangnya yang merupakan orang asli Jepang.

Aroma masakan di sepanjang jalan akan membuat Anda merasakan berbagai kudapan khas Jepang. Berikut beberapa jajanan khas Jepang yang wajib Anda cicipi di festival Ennichisai 2018.

1. Gyoza

Ini dia pangsit ala Jepang. Untuk menikmatinya Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 25.000 untuk satu porsi yang berisi 5 buah gyoza. Berbeda dari tempat asalnya, gyoza di Ennichisai ini menggunakan bahan halal. Terdapat dua pilihan isian, kol atau ayam cincang.

Yakitori

2. Yakitori

Sate khas Jepang ini merupakan kuliner primadona di Ennichisai 2018. Sate dengan bahan utama daging paha ayam dengan saus kare, soka, shoyu, dan bawang putih. Cocok dinikmati sambil berjalan-jalan di sekitar Ennichisai.

Takoyaki

3. Takoyaki dan Okonomiyaki

Jajanan khas Jepang ini sudah tidak asing lagi di lidah anak muda Indonesia. Kuliner berbentuk bola ini diisi dengan potongan daging gurita dan disiram saus khas Jepang . Makin enak jika ditambah saus sambal. Harganya beragam mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 20.000.

4. Udon

Udon merupakan salah satu kuliner Jepang yang mendunia, termasuk di Indonesia. Salah satunya hadir di stan Sanukikai. Terdapat dua tipe, original udon dan curry udon dengan harga Rp 25.000. Berbeda dengan yang lain, soy sauce yang digunakan di sini asli dari Osaka.

taiyaki

5. Taiyaki

Kue lembut seperti waffle dibentuk seperti ikan seharga Rp 15.000. Taiyaki disajikan dengan berbagai isi mulai dari cokelat, keju hingga rasa kacang merah sebagai isian yang paling digemari. Saat berkunjung ke stan, Anda juga bisa melihat langsung cara pembuatan Taiyaki yang unik.

6. Obanyaki

Hampir mirip dengan dorayaki tetapi obanyaki lebih tebal. Bahan dasar yang digunakan juga sama dengan dorayaki. Sama dengan Taiyaki berbentuk ikan, isian yang ditawarkan Obanyaki adalah cokelat, keju, dan kacang merah.

7. Ramune

Minuman warna-warni ini selalu menjadi perhatian para pengunjung. Minuman bersoda asal Jepang ini hadir dengan tiga varian rasa, strawberry, lemon, dan soda dengan harga Rp 15.000.

Kakigouri

8. Kakigouri

Hidangan untuk melepas dahaga setelah berjalan jauh mengitari area festival Ennichisai 2018. Ini adalah es campur tradisional Jepang. Es serut yang mengunung diberi berbagai sirup warna-warni aneka rasa. Mulai dari lemon, strawberry, bubblegum, melon, blackcurrent, leci dan mangga. Anda juga bisa menambahkan susu kental manis.

Festival seni kuliner dan budaya Jepang, Ennichisai ini merupakan acara tahunan. Pengunjung yang datang ke festival Ennichisai tidak perlu membayar tiket masuk.

Berbagai pertunjukan menarik dihadirkan untuk memanjakan pengunjung. Seperti guest star asal tanah air dan Jepang, pentas panggung, dan juga ratusan stan makanan Jepang. Salah satunya adalah kehadiran stan Ohayo Jepang.

Ada beragam lomba di stan Ohayo Jepang termasuk kuis berhadiahkan tiket ke Jepang dan menginap gratis di Karaksa Hotel di Osaka. Stan Ohayo Jepang juga hadir dalam bentuk kedai ramen asli Jepang yang Instagenic. Pengunjung bisa berfoto-foto di stan ini.

Dalam situs Ohayo Jepang, pembaca bisa menemukan berbagai hal terkait Jepang, mulai dari kuliner, tempat-tempat untuk berwisata, tips wisata, hingga informasi belanja seputar suvenir khas Jepang.

Berbeda dengan situs web lainnya, artikel yang disajikan di Ohayo Jepang merupakan informasi otentik dan dikerjakan langsung dari Jepang. Walau begitu, artikel disajikan dengan ringan dan sesuai dengan minat pembaca Indonesia.

Peluncuran situs Ohayo Jepang akan diramaikan ketukan dan tarian tambour tradisional Jepang. Kemudian dilanjutkan dengan upacara khas Jepang, Kagamiwari oleh Taiko Okinawa bersama Yosakoi pada Minggu (1/7/2018).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *